About


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik disini

Jeruk Nipis, Baik Gak Sih ?



Jeruk nipis terkenal dengan kehebatannya dalam hal perawatan wajah. Dikenal sebagai penghilang jerawat, pemutih wajah, penghilang flek hitam, dll. Banyak orang yang menggunakan buah masam ini sebagai perawatan tradisional. Ada juga yang menggunakannya untuk penurun panas anak. Tapi masalahnya aman gak sih ?

Jeruk nipis adalah jeruk yang memiliki kandungan asam yang sangat kuat dan ampuh membunuh kuman dan bakteri. Tapi tanpa kita sadari kandungan asam jeruk nipis juga menimbulkan masalah bagi kulit kita. Manusia memiliki fase pertumbuhan pada kulit, masa pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga mencapai kematangan hormon atau pada saat dewasa. Semasa pertumbuhan kulit ini lah kulit sangat rentan akan asam yang tinggi. Jeruk nipis yang mengandung asam bisa merusak wajah yang lagi pada masa pertumbuhan.


   Berberapa remaja yang menggangap cara ini ampuh sebenarnya salah. Banyak kasus yang menyatakan bahwa penggunaan jeruk nipis sering kali menyebabkan jerawat tambah meradang. Itulah dikarenakan kulit terluar yang seharusnya melindungi kulit bagian dalam terkikis oleh asam dari jeruk nipis. Gejala dari peradangannya biasanya tidak langsung muncul, karena mungkin jerawat akan mereda untuk sementara tapi wajah akan mulai kembali rentan dan mengalami peradangan. Selain menyebabkan peradangan, asam yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan kulit kering. Hal ini juga berlaku untuk orang tua yang memakaikan jeruk nipis untuk menurunkan panas dari buah hati.


    Tapi manfaat jeruk nipis masih bisa kita nikmati dengan cara yang lebih simple dan enak. Membuat jeruk nipis menjadi minuman adalah hal yang baik. Meminum perasan jeruk nipis akan memaksimalkan penyembuhan dari dalam. Juga asam dari jeruk nipis perlu di waspadai bagi penderita penyakit Mag. Menambahkan air dan gula pada perasan jeruk nipis akan menguraikan asam yang ada di dalam jeruk nipis tanpa  mengurangi khasiat dari buah bergenus Citrus ini.


  Apa bila anda masih ragu untuk menggunakan jeruk nipis untuk perawatan wajah. Anda masih bisa menggunakan nya sebagai pengindah kuku dan rambut.


Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa menghubungi dokter kulit terdekat, untuk memastikan kulit anda aman pada masa pertumbuhannya.

2 Responses so far.

  1. Hy Emel says:

    baru tau ih._.

    tapi aku jga sring make jeruk nipis buat muka :(((

  2. Iya makanya kulit mu gak bisa tumbuh dewasa, masih anak-anak mulu :P

Leave a Reply